Berkunjung ke Rumah Mbah Aini di Garut - Part 17

🚕🚙 Setibanya di batas pengantaran mobil, kita langsung negosiasi sama akang supir untuk perjalanan tambahan ke tempat Aini. Jadi kita ngobrol ringan untuk

"bisa gak Kang seandainya dianter ke tempat lain dulu, apa ada tambahan biaya".

Aini dan teh Iklim mulai membuka obrolan, karena jaraknya lumayan jauh dari stasiun mungin setengah jam an, alhasil kita harus nambah biaya. OK lah..kita sepakatin bersama. Lalu semua orang mulai naik ke atas mobil.

Dan lanjut..kami turun area perkampungan menuju tempat Aini. Spoi angin siang bener-bener sejuk, jatohnya kita malah jadi ngantuk. Walaupun sepanjang mobil pickup terbuka diantara kita coba membuka obrolan, tapi tetap aja ngantuknya lebih besar.

Kelokan demi kelokan terlewati, sampai kita tiba di jalan raya. Di sini ada moment haru si, bisa melihat Gunung Sagara yang telah kita daki bersama dari kejauhan. Rasanya ada rindu yang dibiarkan tertinggal disana. Terimakasih Tuhan dan alam semesta.💜💛💨

Eh iya, topi Aini terbang donk, mana mobil lagi melaju cepet. Untungnya, sama ibuk-ibuk di ambilin, dan di kejarlah kita pakai motor sampai akhirnya topi dibalikin ke empunya (Aini). Wah, emang definisi beruntung dan masih rezeki kamu tuh topi ya An.

"Makasih Teh../Ibu."

lalu si Ibuk melajukan motornya. Wah hebat si bisa kasih bantuan yang tulus kaya gini di tengah jalan.

Sesekali aku coba memejamkan mata, menutupi wajah dengan jaket. Sementara masih terdengar obrolan khas Aini dan bang Danu serta Nazser yang dari tadi ketawa, entah lagi ngejokes apa aja 😇😆. Eh ternyata udah lewatin tempat tadi guys, yang dimana kita nunggu Indah, deket stasiun. Lalu Aini pindah posisi duduk di samping akang sopir, sebagai penunjuk jalan ke rumahnya. Karena lokasi makin dekat, Indah minta beli es kelapa dulu buat seger-seger.

Awalnya di OK-in, tapi saat ketemu tiap sudut tukang es kelapa yang nggak kehitung berapa banyak, malah melaju terus itu mobil haha. Udah uring-uringan banget padahal tuh dia, tapi mau gimana lagi, ikut aja deh asal sampai tujuan sebelum kesorean.

Dan Alhamdulillah, kita sampai di rumah mbahnya Aini. Disana kita langsung salaman sama om, mbah dan saudara-saudara Aini. Udah kaya tamu dari jauh mau bertandang ke rumah orang yang mau lamaran ehhh..

Lanjut..

Kita masuk dand duduk paripurna di karpet. Disediakin air minum juga sama makan berat lho guys. Sarden yang kita bawa ke gunung belum sempet dimasak, jadi dimasak di rumah aja. Lalu ditemenin nasi anget dan abon bang Danu yang sekilo ituh, kita mulai menyantap hidangan. Wah paket kenyang plus melek si, karena disamping makan dulu di rumah mbahnya, kita juga sekalian mandi. Duh, tadinya mau sekalian nyuci baju An, biar sampe kos akunya gak usah  nyuci-nyuci lagi haha, bercanda An...😂😂💣

Btw makasih banyak lho An udah kasih tumbangan yang nyaman, kek bukan dari pendakian tapi habis tamsyaan ke Garut haha. Lain kali kita mampir lagi bisa yak, kalau ada ke Garut di lain waktu. Eh iya awalnya kita mau bareng akang supir ke stasiunnya, tapi rencana berubah. Karena saudara-saudara Aini mau nganterin kita ke stasiun. Jadinya si Akang diminta pulang duluan, dan kita bayar lebih awal.

Terimakasih akang supir yang udah nganterin kita sampai sore ini. 👻😎

Hari sore menjadi malam. Setelah semua selesai mandi, jam 8-an kita bergegas kembali ke stasiun Cibatu. Supaya gak telat, jadi 2 jam sebelumnya kita jalan. Lagian biar gak terburu-buru kaya kejadian tempoo dulu itu lhoo pas di senen ehhh..
1 motor bisa buat 2 orang plus 3 sama abang yang bawanya.

Aku boncengan sama Aini, dan sepanjang jalan yang lumayan lewatin beberapa tempat gelap agak ngeri juga. Takut-takut jatoh atau merosot dari tempat duduk karena tipis banget nih duduknya hehe. Aku pegangan erat sama Bu Aini dan ngomong terus sepanjang perjalanan. Sampai kayaknya ini bukan aku deh, bisa-bisanya ngomong terus gak berenti huhu. Untung si akang yang bawa selow dan pendiem jadinya fokus bawa motor yang bebanya penuh sama berat badan aku wkwkw.😂😂

Sementara itu Indah, teh Iklim dan Nazer sampai duluan. Kita yang baru tiba, langsung menggil mereka yang masih keliatan dari jarak 10 meteran karena tas mereka dibawa di motor kita. Ok, tinggal nunggu Irfan sama Bang Danu, karena motor yang ada cuman 3, harus bergantian. Sembari menunggu mereka, kita beli air kemasan dan masuk ke stasiun duluan.

GAK perlu cetak TIKET euy, kita berlima langsung menuju kursi tunggu penumpang, ada kali ya nunggu 1 jam lebih sampai kereta tujuan Senen datang. Setengah jam setelah aku dan Aini sampai, barulah di susul Bang Danu dan Irfan kemudian.

OK semua sudah lengkap formasi awal. Di kursi tunggu ini, Nazer, teh Iklim, Indah dan Aini kayaknya seru banget nyeritain pengalaman mistis mereka selama melakukan pendakian. Btw, duduk sebentar sambil merem bisa kali ya, sambil nunggu kereta datang...