14 Manfaat Jahe yang Bakal Bikin Badan Lebih Sehat #PART 1 (No.13 Paling Dicari ~!!)

    🫚 Setelah kita membahas tentang Jahe dan struktur tanamanya, berikutnya kita akan belajar 14 poin yang terkandung di dalam tanaman rempah dengan ciri khas pedas ini. 14 poin ini bisa dicoba teman-teman di rumah yang sedang sakit untuk meredakan juga menyembuhkan. 


    🫚 Karena rempah dari alam adalah obat paling dicari oleh manusia. Dan tentu efek samping dari ramuan herbal jauh lebih rendah daripada mengkonsumsi obat generik.
Beriku adalah beberapa manfaat "JAHE" untuk kesehatan :


1️⃣ Menurunkan Tekanan Darah
  • Jahe merangsang pelepasan hormon adrenalin dan memperlebar pembuluh darah. Akibatnya, darah mengalir lebih cepat dan lancar serta meringankan kerja jantung dalam memompa darah.

2️⃣ Membantu Pencernaan
  • Jahe mengandung enzim pencernaan yaitu protease dan lipase, yang masing-masing mencerna protein dan lemak.

3️⃣ Melancarkan Peredaran Darah
  •  Gingerol pada jahe bersifat antikoagulan, yaitu mencegah penggumpalan darah. Jadi mencegah tersumbatnya pembuluh darah, penyebab utama stroke dan serangan jantung.

4️⃣ Obat Mual dan Masuk Angin
  • Jahe mampu memblok serotonin, yaitu senyawa kimia yang dapat menyebabkan perut berkontraski, sehingga timbul rasa mual. Termasuk mual akibat mabuk perjalanan. Dari jahe ini membuat lambung menjadi nyaman, meringankan kram perut dan membantu mengeluarkan angin. Caranya dengan menumbuk rimpang lalu direbus dalam air mendidih selama kurang lebih 1/2 jam. Kemudain diminum airnya.

5️⃣  Mengobati Rematik
  • Siapkan 1 atau 2 rimpang jahe. Panaskan rimpang tersebut diatas api atau bara dan kemudian ditumbuk. Tempel tumbukan jahe pada bagian tubuh yang sakit rematik. Cara lain adalah dengan menumbuk bersama cengkeh, dan ditempelkan pada bagian tubuh yang rematik.

6️⃣ Obat Luka
  • Luka lecet, ditikam benda tajam, kena duri, jatuh serta gigitan ular. Caranya rimpang jahe merah ditumbuk dan ditambahkan sedikit garam. Letakan pada bagian tubuh yang terluka.

7️⃣ Mengobati Sakit Perut
  • Jahe merupakan obat mujarab bagi penderita sakit perut seperti diare. Sebab jahe bersifat analgerik dan menenagkan.

Sumber :

  • Hal.15 Buku Berjudul "Pemberdayaan Ekonomi Desa" BUDIDAYA ANEKA TANAMAN OBAT Jilid II
  • H.Sumarlin, SP.
BERIKUTNYA --->

BACA JUGA :

Posting Komentar

0 Komentar

Comments