Fakta Genetik Tentang Rambut Ikal/Keriting atau Lurus... Kamu termasuk yang mana ?



~👉👈👋😇😇 Hallo semuanya, semangat pagi ya. 

Ok pagi ini aku bakalan bahas dan share information ke teman-teman soal, Fakta Genetik Tentang Rambut Keriting dan Lurus. 

Btw, dulu pernah kan teman-teman belajar IPA waktu SMP. Kalau aku sih inget banget belajar genetika kaya gini pas duduk di kelas 2 SMP hehe. Seru kalau bahas percampuran dan gen.

Tanpa lama-lama, yuk kita mulai bahas berikut ini  :

Tahukah kamu fakta genetik tentang rambut ikal/keriting atau lurus kamu?



Sains Genetik Jenis Rambut.

1️⃣. Secara umum, sains membedakan dua jenis rambut di kepala yaitu :

Sumber foto : www.bing.com


  1.  ikal/keriting (wavy/curly) dan 
  2.  lurus (straight)

Keduanya diturunkan secara genetik dari orang tua kamu.👪


2️⃣. Rambut  ikal/keriting  ditentukan oleh aktivitas gen TCHH yang mana semakin tinggi aktivitasnya semakin tinggi potensi kamu akan berambut ikal/keriting.




==================

FYI, TCHH adalah Gen TCHH atau protein trichohyalin yang membentuk ikatan antara keratin atau fiber, di dalam folikel rambut. Dimana karakteristik rambut keriting lebih kuat dan unik. 
polikel rambut sebagai tempat berlabuh patogen dan dapat memberikan saluran untuk jalan masuk patogen ke dalam tubuh. 
Patogen adalah organisme atau mikroorganisme parasit yang dapat menyebabkan penyakit.



3️⃣. Gen TCHH ini sifatnya dominan, sehingga bisa menutupi sifat lain seperti rambut lurus. Dengan diagram segregasi Mendel kita bisa memahami lebih mudah bagaimana dominansi dan sifat ini diturunkan (cek slide 5-7).


⓵ FYI Hukum Segregasi Mendel menyatakan bahwa organisme diploid meneruskan alel yang dipilih secara acak untuk suatu sifat kepada keturunannya, sehingga keturunannya menerima satu alel dari setiap induk. Apa artinya menjadi dominan? individu yang paling kuat atau berpengaruh dalam kelompok kadang-kadang disebut dominan.



💥💥💥💥💥💥💥


 ⓶ FYI Alel adalah adalah pengkodean DNA (asam deoksiribonukleat) yang layak yang menempati lokus (posisi) tertentu pada kromosom.


4️⃣. Di sisi lain, ada gen lain seperti EDAR dan FGFR2 yang berperan menambah kompleks jenis rambut kamu. Itu sebabnya ada yang jenisnya rambut lurus agak bergelombang misalnya.



5️⃣. Menurut hasil riset, perubahan tubuh seperti :

  • usia, kesehatan, 
  • hormon, stres, dan 
  • pola makan 

adalah faktor yang dapat mempengaruhi lanskap rambut. Dulu rambut kamu ikal, bisa jadi sekarang lurus.ʓʓʓʓ🦱


Dengan hasil riset ini, setidaknya kamu tahu dari mana asal jenis rambut kamu. Dan masih banyak lagi aspek rambut seperti warna yang juga ditentukan secara genetik dan lingkungan.




Referensi:

1. Adhikari, K., et al., A genome-wide association scan in admixed Latin Americans identifies loci influencing facial and scalp hair features. Nature Communications, 2016. 7(1): p. 10815

2. Medland, S.E., et al., Common variants in the trichohyalin gene are associated with straight hair in Europeans. American journal of human genetics, 2009. 85(5): p. 750-755.


Sumber artikel : @rizaputranto

Posting Komentar

0 Komentar

Comments