Tips Bijak Ber-media Sosial

 Mana nih suara TEAM GERCEP pengguna MEDSOS. Kalian udah punya akun medsos apa aja sampe tahun 2022 ini?

sumber gambar : m.fimela.com

 

Mungkin era serba medsos ya sekarang, bahkan sebagaian besar memori HP itu sendiri dipenuhi sama aplikasi-aplikasi medsos diluar aplikasi bawaan dari HP.

~ Pengguna facebook, twitter, telegram, instagram, pastinya punya kesan masing-masing buat kita. Dulu saya pertama kali main medsos ya lewat facebook itu. HP masih pake Nokia yang tombolnya keras banget heheh.😂😂

Tapi kalau kita ngomongin medsos tentu memiliki dampak positif dan negatifnya

Medsos memiliki dampak positif jika kamu menggunakannya secara bijak seperti untuk membangun koneksi pertemanan, promote produk atau jasa, sampai membantu kamu untuk tetap up-to-date dengan informasi terkini dari seluruh dunia.


Namun, dibalik itu semua, medsos juga memiliki 

dampak negatif jika kamu kecanduan dalam bermain medsos bahkan sampai membuat kamu insecure, putus asa, iri pada kehidupan orang lain di dunia maya tersebut.

 

 Nah berikut adalah beberapa tips yang wajib kamu terapkan dalam menggunakan media sosial, yuk #CariTauLebihDekat apa aja ya :

1️⃣ Jaga informasi yang bersifat privasi

~ Privasi adalah salah satu hal penting yang harus kamu jaga keamanannya. Terutama bagi kamu pengguna medsos harus berhati-hati dalam membagikan informasi yang bersifat privasi seperti :

  •  nama lengkap
  •  e-mail
  •  nomor handphone
  •  nomor rekening 
  •  bahkan alamat (tempat tinggal)


2️⃣ Bijak memilih teman di media sosial

~ Supaya mendapatkan teman yang memiliki pola pikir dan hobi yang sejalan, kamu bisa mengikuti komunitas yang kamu sukai. Kamu juga bisa mengikuti akun-akun yang sejalan dengan komunitas tersebut sehingga mudah mendapatkan ilmu serta menjalin koneksi dengan teman baru. Beberapa koneksi pertemanan saya juga melalui sosmed loh, dan mereka adalah orang-orang yang hebat, sopan santun juga aware sama ilmu pengetahuan. Yuk mulai disortir dan berhati-hati memilih temen.👉👈👏


3️⃣ Jangan asal Posting Foto/Video

~ Kamu perlu mempertimbangkan mana hal yang layak di konsumsi publik dan mana yang tidak. Meskipun ada fitur privasi yang bisa kamu pakai, tetap saja memang sebaiknya ada hal yang gak harus kamu umbar di medsos seperti :

  •  masalah pribadi
  •  kehidupan keluarga
  •  hubungan asmara
  •  dan lainnya


4️⃣ Jaga Etika Berkomunikasi

~ Jangan sampai jari-jarimu itu mengetik hal yang gak sopan seperti berkomentar kasar atau yang mengandung unsur SARA. Jadi, belajarlah untuk menghargai orang lain dan pastikan kamu sudah menggunakan kata yang sopan dan layak untuk di argumentakn.


5️⃣ Tetap Waspada & Jangan mudah Ditipu

~ Orang yang kamu lihat di dunia maya bisa saja menampilkan suatu hal yang berbeda dari yang sebenarnya dalam kehidupan mereka sehari-hari. Jadi jangan mudah percaya begitu saja, intinya hati-hati saat menerima ajakan atau tawaran dari orang yang baru kamu kenal dari media sosial apalagi dari orang-orang yang mencurigakan. 

Sumber : @teknowlogi

~~~ SEMOGA BERMANFAAT~~~👋👋👋😊

Posting Komentar

0 Komentar

Postingan Unggulan