Fungsi HATI Bagi Organ Tubuh

  


      🫀 Hati atau liver merupakan organ penting yang memiliki beragam peran vital dalam kehidupan kita. Apa saja fungsi hati yang perlu kita ketahui?

✅ Menghancurkan sel darah merah yang sudah tua

  • Di dalam tubuh, sel darah diproduksi secara teratur dan memiliki usia 100-120 hari . Sel darah merah akan diproses liver dan menghasilkan bilirubin, yang kemudian akan disaring oleh ginjal. Gangguan siklus ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.



✅ Membersihkan darah

  • Liver berfungsi untuk membersihkan darah dari senyawa berbahaya seperti alkohol dan obat-obatan. Senyawa tersebut akan diubah menjadi molekul yang larut dalam air dan keluar bersama urine.

✅ Menyimpan cadangan energi dan nutrisi

  • Hati mampu menyimpan energi dan mengubahnya menjadi glukosa saat kadar glukosa darah rendah. Selain itu ada beberapa zat yang juga disimpan oleh hati seperti vitamin, asam folat dan zat besi.

✅ Memproduksi zat penting untuk tubuh

  • Berbagai zat penting untuk tubuh diproduksi oleh hari, misalnya kolesterol dan protein khusus. Hati juga memproduksi hormon pertumbuhan pada anak-anak.

Sekarang jadi lebih tau kan fungsi hari, untuk itu sayangi hati kamu jangan sering menyakitinya dengan hal-hal buruk. Karena hati kamu buka hanya perasaan saja yang diolah, tapi juga darah untuk tubuh kamu. 😊💖✊

---------------------
BACA JUGA :

Posting Komentar

0 Komentar

Comments