10 Pantangan Saat Perayaan "Imlek bagi Etnis Tionghoa", Jangan Dilanggar !!



        🏮 Imlek merupakan perayaan tahun baru masyarakat etnis Tionghoa di seluruh dunia yang memiliki beragam simbol dan makna sekaligus tradisi terpenting yang sudah turun temurun hingga kini. Di Indonesia sendiri, perayaan tahun baru imlek menjadi hari libur nasional. Tepatnya pada sabtu, 10 Februari 2024, jatuh sebagai Tahun Baru Imlek (Chinese New Year).

       🧧 Dalam tradisi dan kepercayaan masyarakat Tionghoa, ada beberapa hal yang harus dihindari atau umumnya dihindari selama perayaan tahun baru imlek. Diantaranya adalah :

1️⃣  Dilarang menyapu atau membuang sampah 

dekoruma.com
  •  Kegiatan menyapu atau membuang sampah adalah pantangan bagi orang Tionghoa, menurut kepercayaan mereka menyapu berarti membersihkan kekayaan yang dimiliki. Sementara membuang sampah memiliki arti membuang rezeki atau nasib baik dari dalam rumah.

2️⃣ Pemotongan Rambut 

es.pngtree.com
  • Beberapa orang Tionghoa meyakini bahwa memotong rambut selama perayaan Imlek dapat memotong keberuntungan, sehingga dihindari untuk memotong rambut selama beberapa hari sebelum atau selama perayaan.

3️⃣ Menghindari Pecah Belah 

pinterest.com/Bruna
  • Merusak atau memecahkan barang pecah belah dianggap sebagai tindakan yang tidak baik dan dapat membawa kesialan.

4️⃣ Menghindari Peminjaman dan Utang 

instabil.com
  • Peminjaman atau memberi uang utang dianggap kurang baik selama perayaan Imlek, karena diyakini dapat membawa kesialan atau masalah keuangan.



5️⃣ Penghindaran Barang Tumpah atau Terguling 

theblot.com
  • Barang yang tumpah atau terguling dianggap sebagai pertanda kurang baik dan dapat membawa kesialan.

6️⃣ Menghindari Penggunaan Barang Tajam 
       
seriouseats.com
  • Menghindari menggunakan atau memotong dengan barang-barang tajam selama perayaan Imlek untuk mencegah energi negatif atau kecelakaan.

7️⃣ Pantan memberi angpau dalam jumlah ganjil 

pinterest.com
  • Orang Tionghoa menghindari angka ganjil dan menyukai angka genap. Mereka meyakini bahwa hal baik akan berlipat ganda. Dalam hal ini, "angpau" menjadi salah satu tradisi imek yang gak boleh ketinggalan. Dan warna merah angpau menyimbolkan keberuntungan.


8️⃣ Tidak boleh menjahit 

boredpanda.com
  • Menjahit menjadi salah satu pantangan pada saat Imlek, dari hari pertama hingga hari kelima bulan lunar pertama. Menjahit menjadi satu tanda bahwa tahun yang akan datang merupakan tahun yang sulit karena penuh dengan jahitan.

9️⃣ Jangan mencuci pakaian saat imlek

dekoruma.com
  • Masyarakat percaya bahwa di hari pertama dan kedua pada Tahun Baru Cina diperingati sebagai hari lahir dewa air, untuk itulah tidak boleh mencuci pakaian agar dapat menghormati dewa air.

🔟 Dilarang minum obat 

pinterest.com/poetryyy


  •  Jika seseorang meminum obat atau menyeduh jamu, maka diyakini dia akan sakit selama setahun penuh.


Itulah beberapa pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh orang Tionghoa saat merayakan Imlek, namun tidak semua keluarga atau individu Tionghoa mengikuti aturan ini dengan ketat, dan praktik dapat bervariasi di antara keluarga atau komunitas. 

        Beberapa orang mungkin memandangnya sebagai tradisi dan simbolisme, sementara yang lain mungkin tidak menghiraukannya. Tetaplah bersikap dengan rasa hormat terhadap tradisi dan kepercayaan mereka saat tahun imlek tiba.

____SEMOGA BERMANFAAT____

BACA JUGA :

Posting Komentar

0 Komentar

Comments