6 Akar Pohon Peneduh yang Akarnya Tidak Merusak Pondasi Rumah

        πŸŒ³ Mempunyai lingkungan rumah yg sejuk nan rindang tentu menjadi impian banyak orang. Terlebih kalau lingkungan yang ditinggali adalah dataran rendah. Keberadaan pohon sebagai peneduh rumahpun rasanya diperlukan.


Tapi terkadang akar pohon justru merambat ke arah rumah dan berpotensi merusak struktur pondasi rumah. Sehingga pohon harus segera di tebang sebelum kerusakan semakin bertambah akibat ulah akar pohon🌳


Berikut ini ada 6 jenis pohon yang bisa teman-teman tanam di rumah untuk sirkulasi udara menjadi lebih baik, bikin positive vibes dan tentunya gak merusak pondasi rumah.



1. Pohon mangga 



🌳 Selain buahnya yang amat populer di masyarakat, akar serta batang pohon mangga sangat kokoh namun tak merusak pondasi rumah atau tanah. Hal ini karena akar pohon mangga lebih merambat ke bawah dan bukan ke samping, sehingga cocok buat dijadikan tanaman peneduh di rumah kamu :)


2. Pohon Tabebuya 


   🌳 Pohon Tabebuya sering dijadikan pohon peneduh di tepian jalan umum. Masih inget kan, belakangan ini pohon Tabebuya mulai bermekaran di sepanjang Jl. Jend. Sudirman Jakarta. Vibesnya udah kaya di Jepang yak hehe. Selain untuk peneduh di tepian jalan, Tabebuya juga bisa di tanam di sekitaran rumah karena akarnya yang tidak merusak area sekitar. Ketinggian akar pohon ini bisa mencapai 8 meter dan daunnya tak mudah rontok. Boleh dicoba nih guys.


3. Pohon Flamboyan 


🌳
Pohon Flamboyan tumbuh melebar dan membentuk seperti payung denga ketinggian berkisar 5-15 meter. Pohon ini sering disebut sebagai "semarak api" lantaran dari bentuk hinga warna daunnya begitu meriah dan indah. Akar pohon flamboyan tergolong kokoh dan dan tak merusak sekitar, jadi aman untuk ditanam sebagai peneduh rumah.

4. Pohon Pucuk Merah



🌳 Nah kalau pohon yang satu ini, mimin udah jatuh cinta guys. Mulai dari area sekolah juga rumah gak lupa buat di tanamin pohon yang satu ini.  Warna daun pucuk merah adalah merah dan hijau, dengan bunga atau tunas daun yang menyerupai pohon cengkeh. Banyak orang menanam pohon ini di sekitaran rumah atau kantor lantaran akarnya tak merusak pondasi.

5. Pohon Mahoni 


🌳 Pohon mahoni juga menjadi salah satu jenis pohon yang akarnya tidak akan merusak pondasi rumah. Ukuran dan diameter pohon mahoni yang besar dapat membuat rumah terasa sejuk dan menyegarkan. Selain itu, pohon ini mampu menyerap C02 maksimal 70% di udara dan akarnya dapat mengikat air tanah.  
Daerah yang tentan kekurangan air, sangat cocok ditanami pohon mahoni.

6. Pohon Bungur 



🌳 Pohon ini sering kita temui di pinggir jalan , sengaja di tanam di tepian jalan dan sungai sebagai peneduh. Selain menyejukan, pohon ini juga menyuguhkan pemandangan yang cantik dari bunganya yang berwarna merah muda. Perawatan pohon bungur tergolong mudah dan murah.

Ok, jadi itu yang bisa mimin share ke kalian tentang pohon yang cocok buat teman-teman tanam. Mungkin setelah ini, ada yang langsung beli, yukkk kita berdayakan lingkungan yang penuh dengan oksigen untuk hidup yang lebih baik. 😊😊

Posting Komentar

0 Komentar

Comments