Ciri-Ciri Perusahaan Startup ~~

Apakah ciri-diri dari perusahaan startup ?

Indonesia dengan keanekaragamannya sudah turut serta merintis banyak perusahaan startup. Mungkin dari kalian sudah ada yang tau oh ini termasuk perusahaan startup. Atau ada yang sudah tau. Yuk kita #CariTauLebihDekat, ciri-ciri perusahaan startup itu apa aja ya :💭💭💤

Teman-teman tau gak, kalau tidak semua perusahaan bisa dikatakan sebagai startup loh. Oleh karena itu, terdapat beberapa ciri-ciri yang dapat dijadikan sebuah indikator bahwa usaha atau bisnis tersebut tergolong ke dalamnya. Untuk mengetahuinya, simak penjelasan berikut ini ya, let's get started :👈👉


1.  Perusahaan Baru Berdiri Kurang dari 3 (Tiga) Tahun

~ Ciri pertama sebuah perusahaan bisa dikatakan sebuah startup adalah belum beroperasi selama lebih dari tiga tahun. Indikasi ini menandakan bahwa mereka memang menjalankan usaha atau bisnis tersebut masih dalam jangka waktu yang cukup singkat dan tergolong baru. Maka dari itu, tidak semua perusahaan bisa dikatakan sebuah startup. Beberapa di antaranya baru terfikirkan akan merilis sebuah aplikasi digital ketika beroperasi pada tahun ke lima, enam atau selanjuntya. Hal ini jelas tidak dapat membuat mereka tergolong usaha atau bisnis yang masih baru.

2.  Jumlah Karyawan yang Dimiliki Kurang dari 20 Orang

Ciri-ciri berikutnya yaitu mengharuskan jumlah karyawan yang dimiliki tidak boleh melebihi dari 20 orang. Tentunya sebuah bisnis atau usaha baru akan mengalami kekurangan jika harus membayar gaji seluruh pekerjanya jika berjumlah banyak. Oleh karena itu, sebuah perusahaan yang masih baru tentu tidak akan mempekerjakan karyawan dalam jumlah banyak. Di saat tahap pembangunannya, pastinya semua bisnis difokuskan dengan mengembangkannya bersama-sama bukan untuk menambah banyaknya pekerja.

 

3.  Masih dalam Tahap Perkembangan

~ Ciri berikutnya yaitu sebuah perusahaan memang masih dalam tahap perkembangan. Baik untuk segi,

  • perlengkapan, 
  • administrasi, 
  • infrastruktur atau 
  • segi lainnya 

belum menandakan adanya kelengkapan yang sempurna sehingga mereka disibukkan untuk berbenah bersama-sama. Tentu akan menjadi hal yang bertolak belakang apabila dibandingkan dengan perusahaan berumur puluhan tahun. Pastinya mereka sudah melewati tahap perkembangan ini dan telah berhasil mencapai kesuksesan sehingga tidak dapat dikatakan sebagai usaha startup.

Baca juga :

5 Startup Canggih Pengelolaan Sampah di Indonesia

 

 4.  Biasanya Berjalan di Dunia Teknologi dan Web (Online)

~ Aplikasi digital memang tidak bisa dijauhkan dari teknologi. Banyaknya aplikasi yang bermunculan menjadi salah satu bukti dari perkembangan dunia internet. Para pengguna baru bisa mengaksesnya melalui koneksi jaringan stabil. Begitu pun pengoperasian aplikasi digital yang dikeluarkan oleh perusahaan startup mengharuskan penggunanya untuk mendapatkan akses terlebih dahulu. Namun hal tersebut bukan lagi menjadi kesulitan bagi banyak orang, hingga saat ini koneksi internet telah mudah didapatkan.

5.  Produk yang Dihasilkan Berupa Aplikasi Digital

~ Ciri ini menjadi karakteristik utama dari perusahaan startup. Dalam mengembangkan usahanya, mereka harus memiliki produk berupa aplikasi digital yang tentunya mempunyai manfaat sebagai solusi untuk memecahkan masalah di kebanyakan masyarakat. 

Tentu Anda sudah banyak menjumpai bisnis startup yang telah berkembang di Indonesia. Beberapa diantaranya menjadi cikal bakal untuk aplikasi digital lainnya ikut berkembang. Pastinya hal ini juga disambut positif oleh masyarakat karena dipercaya mampu memudahkan berbagai kepentingan.

Sumber : hot.liputan6.com 

Posting Komentar

0 Komentar