Macam-macam ancaman yang ada di internet

Anda Punya Perusahaan? Waspadai 5 Ancaman Kejahatan Siber ini!
Sumber gambar : suara.com
 

1. Bonet


        Bonet adalah sebuah software atau bot yang menciptakan pasukan komputer yang sudah terinfeksi virus (komputer zombie).

        Komputer yang sudah terinfeksi virus tersebut bisa saja dimanfaatkan oleh seorang penjahat cyber untuk melakukan serangan

 

2. DDoS

        DDoS merupakan serangan masive yang dilakukan menggunakan komputer zombie, untuk membanjiri trafik ke sebuah website atau server.

        Dampak dari serangan DDoS ini bisa membuat website atau  server tersebut down dan tidak bisa  diakses lagi oleh pemilijknya. 

 

3. Spam

        Spam adalah sesuatu yang membuat resah, karena kita bisa menerima email dengan jumlah yang tidak masuk akan secara bersamaan.

        Spam ini biasanya di barengi dengan Phising yang di  dalamnya menawarkan sesuatu yang to-goog-to-be-true.

 

4. Phising

        Phising biasa digunakan oleh penjahat cyber untuk mengumpulkan informasi penting milik korbannya. Seperti  username & pasword sebuah akun dengan berpura-pura sebagai pihak yang berwenang atas informasi tersebut. 

Biasanya phising dilakukan melalui emial dan link website.

 

5. Spoofing

        Spoofing, teknik ini dilakukan untuk mengelabuhi korban untuk percaya bahwa website yang dia kunjungi dan email yang dia terima berasal dari sumber yang terpercaya.

         Sehingga korban dengan mudahnya dapat memberikan data kredensialnya (suatu jaminan kerahasiaan atau kepercayaan seperti sertifikat, kualifikasi, dok.kompetensi).
 


6. Torjan Horse

        Pernah kah teman-teman berfikir apa yang ada di dalam software bajakan yang mungkin sering kitad donwload tanpa di sortir ulang?

        Yaa tentu bisa saja berisi virus & malware yang dapat merusak PC kita. Begitulah kira-kira cara kerja Trojan Horse. Mungkin di luar kelihatannya seperti Software biasa, tapi kita tidak tahu yang ada didalamnya.


7. Spyware dan Adware

        Ini biasanya salah satu kejutan yang terdapat di dalam sebuah "Trojan Horse". Spyware sendiri dapat mengawasi kegiatan kita dan mengambil data kita secara diam- diam. Sedangkan Adware dapat membuat PC kita dipenuhi iklan-iklan tidak senonoh

 

Nah sedikit cerita, saya pribadi pernah mengalami seranga "Adware" dimana, PC dikerjaan penuh dengan berbagai iklan terutama hal-hal yang tidak pantas mucul berulang.  Walaupun sudah diclose, gambar-gambar tidak pantas tersebut akan terus muncul tanpa henti. Dan itu    diakibatkan karena saya mendownload salah satu aplikasi sembarang dari internet. Dan yang saya download ternyata mengandung virus.


So buat teman-teman, selalu hati-hati dan jangan semabrang klik dwonload pada situs tertentu ya. Pastikan yang kalian download aman, dan bisa digunakan dengan baik.    

Semoga bermanfaat buat sobat yang baru tau👊👊👋😉



Posting Komentar

0 Komentar

Postingan Unggulan