Pintu Rezeki dari Tuhan Ada Dimana-mana

     Pernah mendengar bahwa anak adalah rezeki terbaik dari Tuhan untuk orang tuanya, kelahirannya adalah simpul kebahagiaan keluarga mereka. Rezeki dari Tuhan tidak terukur jumlahnya. 

Namun ada beberapa yang mengartikan rezeki dengan ruang yang sempit seperti hanya pada cara mereka melihat karir, uang, harta, atau kemakmuran. Padahal, saat kita mampu memiliki waktu lebih  daripada untuk beribadah dan beramal atau mencari kebaikan itu pun rezeki.


        Dalam Al-Qur'an sendiri ada banyak ayat yang mengingatkan kepada kita soal rezeki. Makna rezeki adalah segala sesuatu yang memberikan manfaat bagi badan, berupa kesehatan, kehidupan, keberhasilan dan sebagainya. Setiap manusia pasti mengalami jatuh bangun dalam kehidupan mereka. Lebih dari itu, bersyukur bernilai di atas segalanya.

Dari banyaknya rezeki di alam semesta untuk kita, berikut adalah 8 diantaranya yang akan dibahas berdasarkan surah dalam kitab Al Qur'an. 

8 Jenis Rezeki ini ialah :


1. Rezeki yang telah DIJAMIN (Hud : 6)

Artinya: "Dan tidak satu pun makhluk bergerak (bernyawa) di bumi melainkan semuanya dijamin Allah rezekinya. Dia mengetahui tempat berdiamnya dan tempat penyimpanannya. Semuanya tertulis dalam Kitab yang nyata (Lauh mahfuzh)."

2. Rezeki karena USAHA  (An-Najm : 39-40)

Artinya: “Dan bahwa manusia hanya memperoleh apa yang telah diusahakannya. Dan sesungguhnya usahanya itu kelak akan diperlihatkan (kepadanya),"


3. Rezeki karena BERSYUKUR (Ibrahim : 7)

Artinya:   Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.”

4. Rezeki tidak TERDUGA (At-Talaq : 3)

Artinya:  "Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu."


5. Rezeki karena ISTIGHFAR (Nuh : 10-11)

Artinya:   maka, aku berkata (kepada mereka), “Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia Maha Pengampun, niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu,"

6. Rezeki karena MENIKAH (An-Nur : 32)

Artinya:  "Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberi kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya."


7. Rezeki karena ANAK (Al-Isra' : 31)

Artinya: "Dan janganlah kamu membunuh anak-anakmu karena takut miskin. Kamilah yang akan memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu. Membunuh mereka itu sungguh suatu dosa yang besar."

8. Rezeki karena SEDEKAH (Al-Baqarah : 245)

Artinya: "Barangsiapa meminjami Allah dengan pinjaman yang baik maka Allah melipatgandakan ganti kepadanya dengan banyak. Allah menahan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nyalah kamu dikembalikan."


Mudah-mudahan dengan saling berbagi ilmu bisa menjadi amal jariyah untuk kita semua. Dan bagi para pejuang keluarga semoga Allah lancarkan rezeki dan usahanya serta diberkahi dalam setiap niatnya. Aamiin 🤲🏻



Source : @ummu.bukhari

---------------

Posting Komentar

0 Komentar

Comments