GNFI Academy “Strategi Meningkatkan Kreativitas dan Gaya Bahasa dalam Menulis”

 Jum'at, 16 Februari 2024




    Untuk pertama kalinya saya bergabung dalam komunitas GNFI. Pada hari ini jam 19.00, telah berlangsung webinar tentang “Strategi Meningkatkan Kreativitas dan Gaya Bahasa dalam Menulis”





    Membahas tentang IMPROVE WRITING "How to Improve Your Writing Skill & Style" bersama narasumber kita bernama Kak Dhika. Pertama kali gabung ke dalam meeting zoom dan ikut berdialog rasanya seru dan pengalaman baru tentunya.

    Dimana saya bisa mendapatkan ilmu dan teman-teman yang satu hobi. 

Good News From Indonesia atau disingkat GNFI sendiri adalah platform berbagi informasi positif, Independen tentang semua berita baik di Indonesia

  • MATERI

    IMPROVE diartikan sebagai proses sesuatu dari satu keadaan ke keadaan yang dianggap lebih baik, biasanya melalui beberapa tindakan yang bertujuan untuk mendatangkan keadaan yang lebih baik itu.

  

    Sepanjang zoom berlangsung saya sempatkan untuk meringkas isi materi yang disampaikan oleh Kak Dhika, diantaranya :

Rumus improve ada 3 dalam menulis, yaitu :

  1. Referensi
  2. Inspirasi
  3. Imajinasi

  • Referensi diperoleh berdasarkan rujukan, bisa dari pengalaman, nonton film, video dan lainnya.
  • Inspirasi diperoleh berdasarkan apa yang kita serap dari karya orang lain.
  • Imajinasi diperoleh dari dalam pikiran masing-masing yang tiap orang tentu punya keunikannya.

  • Result

        Hasil dari penggabungan 3 rumus diatas, menurut kak Dhika akan menghasilkan tulisan yang sesuai dengan genre kamu. Jangan lupa setelah penggabungan rumus, kita perlu menyortir juga dari segi bahasa, tokoh dan ketertarikan pembaca. Hal ini tentu dipengaruhi oleh teknik pengunaan kalimat yang baik dan efektif. Pasti sudah sering belajar di waktu SD, bagaimana penggunaan kalimat aktif menjadi pasif, atau mengembangkan kalimat sederhana menjadi lebih luas. 

  • - Pada dasarnya, dalam pembuatan novel atau cerita, dalam satu paragraf paling minimal terdiri dari 5 kalimat (teori penulisan).
  • - Struktur kalimat pun harus memperhatikan penggunaan SPOK yang tepat. Untuk mengembangkan sebuah kalimat berdasarkan SPOK, kak Dhika spill nih alamat website yang bisa jadi rujukan teman-teman.  
Kamu bisa mengunjungi studio.wacaku.com
  • - Terakhir dalam pembuatan tulisan tidak bertele-tele dan pemborosan kata. Pun kita sudah sudah paham yang dimaksud dengan pemborosan kata seperti penggunaan kata yang terlalu sering diulang, contohnya : pun, kalau, setelahnya dan lain-lain. Gunakan sesuai fungsi dan ketepatan tiap kalimat.

  • Conclusion 

    Kesimpulan dari webinar adalah untuk mengimprovisasi kemampuan dan gaya tulisan selalu berbeda setiap prosesnya. Dan waktu terlalu berharga kalau kita berfikir mau jadi dia, karena di dunia yang benar-benar sama itu tidak ada. Kak Dhika disini memberikan contoh, seumpana kamu suka sama penuis Tere Liye, Raditya Dika atau Dewi Lestari dan kamu mau mengikuti gaya penulisan mereka, itu tidak akan pernah sama. Selalu ada ciri khas dari masing-masing tulisan, maka jadilah diri sendiri di dalam tulisanmu, jadikan penulis sebagai inspirasi bukan menjadi sama persis dengannya.


    Zoom GNFI sendiri hampir diikuti oleh 50 peserta dari berbagai daerah. Setelah ini, bakal ada webinar menarik lainnya. Pokoknya ditunggu ya GNFI buat belajar bareng newbi-newbi ini hehe.😋



Untuk info lebih lanjut teman-teman bisa ikutin instagram resmi GNFI di @gnfi dan @kawangnfi

---Semoga Bermanfaat----💨

BACA JUGA : 


Posting Komentar

0 Komentar

Comments