Cari tahu yuk, "Mengapa Benua Antartika tidak berpenghuni ?"

~ Benua Antartika tidak berpenghuni secara permanen karena kondisi lingkungan yang sangat ekstrem dan tidak ramah bagi kehidupan manusia. Beberapa faktor utama yang menjadikan Antartika tidak layak untuk dihuni diantaranya :

Sumber foto : Thisisinsider.com/Courtesy Karen Jacot


 Suhu yang Sangat Rendah 

    ~ Antartika adalah salah satu tempat terdingin di Bumi. Suhu rata-rata di sana dapat mencapai sekitar -50 derajat Celsius (-58 derajat Fahrenheit) atau bahkan lebih rendah pada musim dingin. ☃️☃️

 Angin Kencang 

    ~ Antartika seringkali dilanda angin kencang, terutama di bagian pesisir. Angin ini dapat mencapai kecepatan yang sangat tinggi dan menciptakan kondisi cuaca yang sangat sulit.

Sumber foto : id.pinterest.com
  1. BACA JUGA :
  2. Rahasia Dibalik Hujan yang Selalu Menyegarkan: Pelajari Prosesnya di Sini!

 Isolasi Geografis 

    ~ Antartika terletak di ujung selatan Bumi, yang menjadikannya sangat terpencil dan sulit dijangkau. Jarak yang jauh dari pusat populasi utama membuatnya sulit untuk mendukung populasi manusia yang berkelanjutan.

 Ketersediaan Sumber Daya Alami yang Terbatas 

    ~ Antartika memiliki sedikit sumber daya alami yang dapat mendukung kehidupan manusia. Tanahnya yang terbatas, kurangnya vegetasi, dan kesulitan dalam mendapatkan air bersih menjadi tantangan besar.


 Peraturan Perlindungan Lingkungan 

    ~ Antartika diatur oleh Perjanjian Antartika, yang melarang aktivitas eksploitasi sumber daya alam di benua tersebut. Perjanjian ini, yang mulai berlaku pada tahun 1961, bertujuan untuk melestarikan lingkungan alami Antartika dan memastikan bahwa kegiatan manusia di sana hanya bersifat ilmiah dan perdamaian.

Meskipun beberapa negara memiliki stasiun penelitian di Antartika untuk tujuan ilmiah, tidak ada permukiman permanen di benua tersebut. Sebagian besar orang yang tinggal di Antartika adalah ilmuwan, peneliti, dan staf pendukung yang tinggal di stasiun penelitian untuk sementara waktu, terutama selama musim panas ketika kondisi cuaca lebih ringan.


VIDEO DOK.BENUA ANTARTIKA



Posting Komentar

0 Komentar

Comments