Asa Penuh dengan Peluh dan Hujan - [Beropini (38)]

        🌱Dalam setahun ke belakang, petani menangis histeris. Bahkan hingga awal Januari 2024 keluh kesah dan kesedihan masih terbayang di hati para tuan dan pegawai yang mengelola sawah. Hal ini tentu berasalan, karena "HUJAN" yang biasanya sudah terjadi di akhir-akhir tahun ternyata belum juga muncul. 


        🌱 Banyak dari para petani yang memang pencaharian utama mereka di desa adalah buruh tani yang setiap malam memikirkan nasib kedepan. Baik itu tentang padinya yang belum bisa di tanam, 

  • sawah yang belum bisa digarap, 
  • hujan yang belum rutin untuk mengairi persawahan juga 
  • nasib stock ketersediaan pangan (beras) yang makin menipis.

        🌱 Ini sudah kehendak Tuhan, tutur beberapa orang yang dengan bijaksana menyikapi keadaan yang sedang melanda negeri. Bahkan, kekeringan yang menjadi sebab banyak desa kekurangan air bersih cukup memilukan. 


        🌱 Akhir Januari 2024, sepertinya "HUJAN" sudah turun dengan deras. Bahkan bisa dibilang sudah setiap hari baik itu semalaman, siang hari atau sore hari. Banyak senyum dan syukur yang mulai dipanjatkan para petani di desa. Sekarang tantangannya adalah bagaimana menyiapkan sawah yang siap tanam saat air hujan mulai rutin menyapa. 

Bisa dibilang, sudah cukup telat melewati masa tanam padi, tapi mau tidak mau harapan untuk tetap hidup adalah dari tanaman mulia ini.


        🌱 Semoga, hujan yang hari ini turun membawa berkah untuk semua manusia di bumi. Dan untuk para petani diberikan kemudahan panen yang melimpah dan air yang cukup untuk irigasi.  💪💙💚💨


-----------------



Posting Komentar

0 Komentar