Mengungkap Misteri Solstis di Bulan Desember yang Menakjubkan

🌝 Solstis Desember adalah saat terjadi solstis matahari pada bulan Desember.

Solstis terjadi dua kali dalam setahun, saat matahari mencapai titik paling utara atau selatan dari ekuator Bumi. Ada Solstis Musim Panas dan Solstis Musim Dingin.



  1. 1. Solstis Musim Panas (Hemisfera Utara):

  2. Terjadi sekitar 20 atau 21 Juni. Pada waktu ini, Matahari mencapai titik tertingginya di langit, sehingga memberikan hari terpanjang dan malam terpendek di belahan Bumi utara.

     

  3. 2. Solstis Musim Dingin (Hemisfera Utara):

  4. Terjadi sekitar 21 atau 22 Desember. Pada waktu ini, Matahari mencapai titik terendahnya di langit, sehingga memberikan hari terpendek dan malam terpanjang di belahan Bumi utara.

    Pada Solstis Desember, di belahan Bumi utara, matahari mencapai titik terendahnya di langit pada siang hari. Ini berarti bahwa hari ini adalah hari terpendek dalam setahun dan malam terpanjang. Di belahan Bumi selatan, sebaliknya, Solstis Desember terjadi ketika matahari mencapai titik tertingginya di langit pada siang hari, menjadikan hari ini sebagai hari terpanjang dan malam terpendek di setahun.

Fenomena ini terkait dengan perubahan musim, dan Solstis Desember menandai awal musim dingin di belahan Bumi utara dan awal musim panas di belahan Bumi selatan. Ini adalah hasil dari kemiringan sumbu Bumi terhadap bidang orbitnya sekitar Matahari. Fenomena ini memiliki dampak pada cuaca dan pola musim di seluruh dunia.

Posting Komentar

0 Komentar

Comments