6 Kota Misterius di Bawah Tanah





🌷 Dari tempat persembunyian kuno hingga bunker era Perang Dingin, yang tersebar di beberapa negara baik yang masih digunakan atau sudah menjadi sejarah masa lalu. Kini kota-kota ini menjadi cerita dan tempat istimewa serta masih tersembunyi di bawah tanah.




Salah satu diantaranya adalah kota di Turki, memiliki interior 18 lantai adalah kota metropolitan mandiri yang sudah dilengkapi lubang ventilasi, sumur, dapur, ruang sekolah, mesin pemeras minyak, pemandian, kilang anggur, dan ruang tamu untuk 20.000 orang.

Saat terancam oleh serangan, setiap tingkat kota dapat ditutup dengan pintu batu monolitik.



----------------------

Begitu juga dengan kota-kota lain yang tersembunyi di bawah tanah berada di belahan dunia lain, umumnya untuk melindungi dari serangan musuh.

Kota-kota mana sajakah itu ?

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu tempat misterius di bawah tanah berada di Turki.

1️⃣Derinkuyu

Sumber foto : thetravelbunny.com

~ Terletak di Cappadocia, Turki dengan area tanah yang luas. Kompleks labirin 18 tingkat ini berasal dari abad ke-8 M, dibangun sebagai tempat perlindungan selama periode perang. Kota ini baru ditemukan kembali pada tahun 1960-an.




2️⃣Naours

Sumber foto : www.visit-somme.com

~ Kota bawah tanah naours dibangun sekitar abad ke-3 M, berada di Utara Perancis. Awalnya adalah tambang masa Romawi, kemudian diperluas menjadi sebuah hunian bawah tanah. Di abad pertengahan menjadi tempat persembunyian selama perang. Kota ini juga dihiasi lebih dari 2.000 potongan grafiti yang ditinggalkan oleh tentara Sekutu, saat pertempuran Somme.


3️⃣Wieliczka

Sumber foto : www.viator.com

 ~ "Katedral Garam", berasal dari Tambang Garam Wieliczka di Polandia. Kota bawah tanah ini memiliki kamar, lorong dan patung-patung kuno, terletak di pinggir kota Krakow. Dibangun tahun 1.200-an, saat pertama penambang menemukan garam baru di dalam bumi. Tambang ini berhenti berproduksi tahun 2007 setelah 700 tahun beroperasi.




4️⃣Dixia Cheng

Sumebr foto : www.atlasobscura.co

~ Ketika ancaman perang nuklir membayangi, pemerintah China membangun tempat perlindungan raksasa di bawah kota Beijing. Dibangun tahun 1960-an dan 70-an dikenal sebagai Dixia Cheng, yang mampu menampung 1 juta orang dan didalamnya juga dibangun sekolah, rumah sakit, lumbung dan restoran.


5️⃣Orvieto


Sumber foto : www.expedia.co.id

 ~ Terletak di salah satu puncak bukit di Italia, memiliki lebih dari 1.200 terowongan, kota bawah tanah Orvieto juga memiliki galeri yang saling terkait. Saat perang Dunia ke-II, masyarakat sekitar menggunakannya sebagai tempat persembunyian dari serangan bom.




6️⃣Burlington

Sumber foto www.boombastis.com

~ Bunker Burlington seluas 35 hektar ini terletak 100 kaki di bawah desa Corsham (AS), dibangun tahun 1950. Memiliki fasilitas seperti ruang kantor, kafetaria, telephone, fasilitas medis dan kamar tidur. Salah satu ruangan dirancang untuk Perdana Menteri Inggris dan untuk 4.000 lebih aparat pemerintah, agar tetap terlindungi selama keadaan darurat.


Itu dia beberapa tempat misterius di berbagai belahan dunia. Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya ?? 🤭🤭👻


Sumber : @molannewsid




Posting Komentar

0 Komentar

Comments