5 Cara Menjadi Ahli di Suatu Bidang




 Setiap orang butuh menjadi seorang yang ahli di suatu bidang. Tidak masalah bidang apa yang akankita pilih. Karena tiap orang bisa memiliki kesukaan yang berbeda.

Tapi, yang terpenting adalah "Bagaimana kita bisa menjadi 'MASTER' di bidang tersebut ?"

 

Sumber foto : www.kompasiana.com

. Dengarkan suara hati kita untuk memilih bidang yang kita suka & ahli (passion & tallent)

~ Coba lihat anak kecil yang dengan percaya diri mengatakan apa yang dia sukai atau menyebutkan cita-citanya. Anak kecil bisa menjawab dengan jujur dan tegas, karena tidak peduli dengan apa yang akan orang lain katakan.

Semakin dewasa kita, semakin mendengarkan apa yang dikatakan orang lain (orang tua, teman dll) karena ingin terlihat lebih keren, takut gagal dll.

  

. Tentukan goal di bidang yang sudah kamu pilih

~ Jangan meletakan jumlah uang atau gengsi untuk goal-mu di awal.

Yang terpenting adalah "kita memperoleh kesempatan untuk belajar, menambah skill dan pengalaman untuk menambah capital indentity kita". Dan capital identity itu yang akan membawa reward uang maupun karir di masa depan.

 CONTOH 

"Orang terkenal yang tidak menjadikan uang sebagai ukutan di awal" :

  1. Charles Darwin, menolak menjadi mahasiswa kedokteran dan pekerjaan dengan gaji tinggi untuk bekerja sebagai peneliti hewan dan tumbuhan tanpa bayaran.
  2. Benyamin Franklim, menolak meneruskan bisnis ayahnya dan memilih bekerja di percetakan dengan gaji kecil.

Dan sejarah mencatat mereka karena pilihan mereka tersebut.😊💪

  

. Memiliki mentor untuk membimbing kita

~ Proses untuk menjadi ahli di bidang baru tidaklah mudah dan singkat. Karena kita bisa "lebih bertahan" menjalani prosesnya.

Dan jika kita ingin "waktu yang lebih singkat" tentu saja kita meminta masukan dari mentor yang tepat.

Cari mentor yang benar-benar peduli pada kita dalam mengajarkan semua cara mereka, sehingga kita akan bisa lebih sukses dari mereka dengan cara kita.

  

. Miliki rasa penasaran yang tinggi, berpikir kreatif & inovatif

~ Kita akan membiarkan diri kita terjebak dalam rutinitas yang membosankan ketika kita hanya sekadar belajar & mengikuti mentor kita.

Menjadi berani, selalu berpikir dengan cara baru dan terus tantang diri kita untuk naik level yang lebih tinggi. Hal-hal ini yang akan membuat kita menjadi "MASTER".

  

. Latih skill kita sampai menjadi otomatis

~ Kuasai skill kita sampai kita bisa melakukannya secara otomatis. Sehingga otak atau pikiran kita tidak hanya memikirkan "Bagaimana melakukannya".

Tapi pikiran kita bisa digunakan untuk "memikirkan dan fokus" pada gambaran yang lebih besar seperti :

  • strategi
  • kreativitas
  • inovasi
  • dan lainnya 

 

Jack Ma pernah menyarankan untuk kita di usia 20an, memilih perusahaan kecil tapi memiliki visi bagus dan berkembang. Sehingga disitu kita bisa belajar banyak hal di saat bersamaan.

Pilihlah leader/mentor yg benar2 mendukung kita untuk maju dan berkembang. Leader/mentor yg mengenal apa talent kita dan bisa mendorong kita untuk menjadi ahli di talent & passion kita.

Sumber : Rangkuman pemikiran Robert Greene dan Ken Robinson


Posting Komentar

0 Komentar

Postingan Unggulan