[1] Dasar Pemrograman Web

Nomor Daftar Isi
1Pengertian Website
2Jenis-jenis Website
3Pengertian Web Programming
4Beberapa unsur Pembangun Web
5HTML
%Simbol persen
Sumber gambar : blog.sribu.com

Pengertian Website

Website menurut Rohi Abdulloh (2018:1) adalah kumpulan halaman yang berisi informasi data digital baik berupa teks, gambar, animasi, suara dan video atau gabungan dari semuanya yang disediakan melalui jalur koneksi internet sehingga dapat diakses dan dilihat oleh semua orang di seluruh dunia.


Jenis-jenis website

Website terbagi menjadi 3 jenis, yaitu :

1. Website statis

Yaitu website yang isinya bersifat tetap, tanpa ada perubahan secara berkala. Contoh jenis website ini biasanya website profil perusahaan.

2. Website Dinamis

 Yaitu website yang isinya diperbaharui secara berkala oleh pemilik atau pengelola website. Contoh jenis website ini adalah blog atau website portal berita.

3. Website Interaktif

Yaitu website yang merupakan bagian dari website dinamis, dimana isi dari web ini terus diperbaharui secara berkala. Hanya saja bukan hanya pengelola atau pemilik web yang bisa memperbaharui isi web, tetapi para pengunjung maupun pengguna web. Bahkan interaktif pembaharuan web lebih dominan dilakukan oleh pengguna web. Contoh dari web jenis ini adalah jejaring sosial seperti instagram, facebook, tokopedia dll.

 

Pengertian Web Programming

Web programming atau pemrograman web merupakan kegiatan membuat  program atau aplikasi menggunakan bahasa pemrograman tertentu untuk menghasilkan informasi yang dikehendaki oleh para pemilik website.


Beberapa unsur pembangun website :

1. HTML (Hypertext Markup Language), berperan membentuk "struktur halaman" website (layout dasar web.

2. CSS (Cascadding Style Sheet), berperan sebagai "pembentuk desain" website yang mengatur HTML untuk tampil lebih menarik pada browser.

3. PHP (PHP Hypertext pre-processor), berperan sebagai "pemroses data pada sisi server" yang merupakan bahasa pemrograman web.

4. SQL (Structured Query Language), berperan mengatur transaksi data antara aplikasi dengan database, sebagai tempat penyimpanan daya. SQL merupakan "salah satu jenis database".

5. Javascript, berperan "memproses data pada sisi client" sekaligus memanipulasi  HTML dan CSS secara dinamis. Javascript sendiri berkembang memiliki library function yang disebut sebagai jQuery. Dan beberapa framework seperti bootstrap untuk memudahkan mengembangkan web menjadi lebih dinamis. 

Aplikasi yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi web :

1. Web Authoring

Perangkat lunak ini bersifat WYSIWYG (What You See is What You Get) memudahkan pemula untuk mengetikan skrip dan langsung terlihat hasilnya. Jenisnya berupa : Adobe Dreamweaver, Ms.Expression Web, Nvu dll.

2. Text Editor

Berfungsi untuk mengetikan skrip program, namun tidak bersifat WYSIWYG, jadi memerlukan sebuah web browser untuk melihat hasilnya. Jenis aplikasinya : 

  • Sublime text
  • Notepad
  • Notepad++
  • Bracket
  • dll

 3. Web Browser

Digunakan untuk menampilkan dan mengetes hasil program. Jenisnya :

  • Mozilla Firefox
  • Chrome
  • Ms. Explorer
  • dll

4. Web Server

Merupakan perangkat lunak untuk menerima request melalui protokol HTTP atau HTTPS dari client kemudian mengirim balik ke halaman web. Web server yang paling umum adalah Apache yang tersedia satu paket dengan XAMPP.

Untuk download XAMPP bisa klik link berikut : Download XAMPP for PC 

 

Istilah-istilah dalam pemrograman web 

Beberapa istilah yang sering digunakan dan diucapkan saat mempelajari web programming diantaranya :

  • Server : komputer khusus untuk tempat pemrosesan dengan kapasitas penyimpanan yang besar.
  • Client : Perangkat komputer, laptop yang bisa mengakses halaman website
  • Domain : Nama unik yang mewakili alamat IP (Internet Protokol) dati server website. Contoh : duajendela.com (.com = domain)
  • Hosting : Tempat penyimpanan file-file website pada sebuah server di internet sehingga bisa diakses dari mana saja.
  • URL (uniform resource locator) : Nama unik untuk mengidentifikasi letak sumber daya website, yang biasanya akan tampil di address bar browser. Contoh : https://www.duajendela.com/2021/10/1-dasar-pemrograman-web.html
  • HTTP (hypertext transfer protocol) : Protokol yang mengatur pengiriman data dari client ke server dan sebaliknya untuk diterjemahkan menjadi bentuk informasi.

Posting Komentar

2 Komentar

Anonim mengatakan…
keep strong you
Dua Jendela mengatakan…
Like you see. I do.

Postingan Unggulan