Hadits Arba’in Nawawiyah




Arbain Nawawi atau Al-Arba'in An-Nawawiyah (Arab:الأربعون النووية

merupakan kitab yang memuat empat puluh dua hadits pilihan yang disusun oleh Imam Nawawi[1]Arba'in berarti empat puluh namun sebenarnya terdapat empat puluh dua hadits yang termuat dalam kitab ini. Kitab ini bersama dengan kitab Riyadhus Shalihin dianggap sebagai karya Imam Nawawi yang paling terkenal dan diterima umat muslim di seluruh dunia. Kitab ini menjadi favorit di kalangan santri untuk memulai menghafal hadits-hadits Nabi sebelum beralih ke kitab-kitab yang lebih besar.



Empat Puluh Hadits Pilihan
PengarangImam Nawawi
Judul asliAl-Arba'in An-Nawawiyah
NegaraSyam
BahasaBahasa Arab
SubjekHaditsAkidah, dan Manhaj
GenreMatan
Tanggal riliscirca 670-an H (1250-an M)
DiikutiAd-Durratus Salafiyah Syarah Al-Arba'in An-Nawawiyah


------

1. Pengertian Sanad Hadits. Dari segi bahasa, sanad artinya yang menjadi sandaran, tempat bersandar, arti yang lain sesuatu yang dapat dipegangi atau dipercaya. Dalam istilah ilmu hadis sanad ialah rangkaian urutan orang-orang yang menjadi sandaran atau jalan yang menghubungkan satu hadis atau sunnah sampai pada Nabi Saw.

2. Pengertian Matan Hadits. Dari segi bahasa, matan berarti Punggung jalan, Tanah gersang atau tandus, membelah, mengeluarkan, mengikat. Matan menurut istilah ilmu hadis yaitu: "Perkataan yang disebut pada akhir sanad, yakni sabda Nabi Saw. yang disebut sesudah habis disebutkan sanadnya." 

3. Pengertian Rawi Hadits. Rawi yaitu orang yang memindahkan hadis dari seorang guru kepada orang lain atau membukukannya ke dalam suatu kitab hadis. Rawi pertama adalah para sahabat dan rawi terakhir adalah orang yang membukukannya, seperti Imam Bukhari , Imam Muslim, Imam Ahmad dan lain-lain.

(Sumber :  www.bacaanmadani.com)

------

Arba’in Nawawiyah (الأربعون النووية) atau  secara harfiyah artinya "empat puluh versi Nawawi".

Maksudnya, kitab ini berisi kumpulan 40 hadits Nabi Saw yang dikumpulkan oleh Imam Nawawi. Meski menggunakan judul yang artinya  sebenarnya jumlah hadits yang dihimpun ad 42 hadits.

Judul lengkapnya yang artinya empat puluh hadits dari hadits-hadits shahih Nabi Saw.

Nama asli Imam Nawawi  adalah Yahya bin Syaraf Abu Zakariya Muhyiddin an-Nawawi as-Syafi’i. Julukan an-Nawawi merujuk kepada nama kampung kelahiran beliau, yaitu desa Nawa, di wilayah Hauran di Suriah. Beliau lahir tahun 631 H di desa Nawa, Suriah.

Posting Komentar

0 Komentar

Postingan Unggulan