Naik Tangga - Fun & Fact


~💥 Tahukan kamu, bahwa menaiki tangga mampu membakar kalori 400% lebih banyak daripada jalan kaki pada kecepatan 3,6 km/jam dan 23 % lebih banyak dari pada lari.

Sumber foto : id.pinterest.com/@9GAG


------------------------------------

Woww.. yuk mulai pilih tangga sekarang, misal saat memilih jalur di area kereta bisa menggunakan tangga daripada eskalator (dengan memperhatikan kemampuan diri tentunya ya, jangan memaksakan hehe)    

Lalu...bagaimana dengan TURUN TANGGA YA?? Heems😋😋

------------------------------------

Jumlah kalori yang terbakar seringkali dihubungkan dengan kegiatan menurunkan, menaikkan, atau mempertahankan berat badan. Mereka yang sedang dalam fase penurunan berat badan tentu akan melakukan defisit kalori agar tujuan mereka tercapai. 

Dilansir dari situs Shape-Able

~ Kegiatan seperti naik-turun tangga serta menggali salju ternyata dapat membakar 150 kilokalori (kkal) atau setara 150 ribu kalori hanya dalam waktu 15 menit. Capaian itu setara dengan kegiatan berlari atau bersepeda, tetapi dua kegiatan itu pun tidak bisa dilakukan secara sembarangan untuk mencapai catatan serupa. 

~   Untuk berlari, setidaknya harus dilakukan sejauh 1 sampai 1,5 mil dengan syarat 1 mil per 10 menit

~ Sedangkan bersepeda perlu dilakukan sejauh 4 mil atau setara dengan 6,4 kilometer untuk 15 menit.

Sumber foto : id.pinterest.com/@Markruse17



  • Kegiatan lain yang dapat menjadi alternatif untuk membakar kalori selain berlari ialah berjalan cepat. Sebuah penelitian yang dikutip Shape-Able menemukan bahwa seorang pria dengan berat 70 kilogram dapat membakar 581 kalori dengan berjalan kaki dengan kecepatan 4,5 mil/jam atau setara dengan 7,2 km/jam selama 60 menit. 
  • Jumlah itu setara dengan jumlah kalori yang dibakar oleh pria yang sama dengan berlari 5 mil/jam atau setara 8 km/jam dalam durasi waktu yang sama  Jika pria itu melakukan joging dalam durasi waktu yang sama, ia hanya dapat membakar 490 kalori.
Referensi : data.tempo.co

Wah ternyata jalan selain bermanfaat untuk jantung, juga bisa membakar lemak ya guys. Yuk ah, perbanayak gerak jalan dari sekarang. Kalian juga bisa menggunakan aplikasi untuk menghitung berapa banyak langkah kaki kita dalam sehari. Semangattttt !!!














Posting Komentar

0 Komentar

Comments