Agar Tulisan Enak Dibaca dan Menggugah


📌 Sebaik dan sebenar apa pun ide yang disampaikan, bila tulisannya tidak enak dibaca tentu saja peluang sampainya pesan kepada pembaca sangat kecil, karena pembaca akan malas membaca sampai tuntas. Kalaupun dipaksa membaca sampai akhir, kecil peluangnya pesan yang sampai ke benak pembaca seperti yang dimaui penulis. Kalau sudah seperti itu bagaimana pula tulisan tersebut dapat menyentuh hati dan membangkitkan pembaca? 📑📑📑


Oleh karena itu, tulisan yang dibuat haruslah enak dibaca, penulisannya runut dan masuk akal, serta berkenaan dengan kepentingan pembaca. Bagi Anda yang kesulitan membuatnya, semoga tips di bawah ini dapat membantu.

 

 

📌 Pertama

📜 tulisan yang digunakan menggunakan kalimat efektif

Kalimat efektif adalah kalimat yang sesuai dengan pedoman ejaan bahasa, memiliki subjek dan predikat yang jelas, serta tidak bermakna ganda, sehingga pesan yang disampaikan sama dengan yang diterima.


📌Kedua, 

📜 menggunakan kata yang mudah dipahami pembaca secara umum. Maka ketika menggunakan istilah khusus (baik istilah khusus di dunia kedokteran, hukum, ekonomi, maupun lainnya) segera diberi keterangan.

 

📌 Ketiga, 

📜 tulisannya runut dan masuk akal. Dari satu kalimat ke kalimat lain, dari satu paragraf ke paragraf berikutnya tulisanya berkaitan erat alias tidak melompat dan argumen yang dibangun sesuai dengan akal sehat (common sence) sehingga sebagian besar pembaca dapat mencerna pesan yang disampaikan.


📌 Keempat, 

📜 fakta yang dibahas tergambar jelas dalam tulisan. Tujuannya agar fakta dimaksud bukan hanya tergambar di benak penulis tetapi juga sampai ke benak pembaca dengan jelas pula.

 

📌 Kelima,  

📜  arah tulisannya jelas. Apa sih yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca terkait fakta yang ditulisnya? Apakah penulis sekadar menunjukkan fakta? Menjelaskan fakta? Mengkritisi fakta? Memberikan solusi atas fakta masalah yang disampaikan? Mengajak pembaca mendukung/ menolak fakta yang disampaikan? Kombinasi dari beberapa atau semua pertanyaan di atas? Atau lainnya? Jawaban dari pertanyaan tersebut harus tergambar jelas dalam benak penulis lalu diwujudkan dalam tulisannya secara jelas pula sehingga sampai ke pembaca sesuai dengan tujuan penulis.

 

📌 Keenam, 

📜 harus terkait erat dengan kepentingan pembaca. Jangan lupa, jelaskan pula dalam tulisannya bahwa yang disampaikan penulis ini terkait erat dengan kepentingan pembaca. Jelaskan dampak positif dan atau negatif bagi pembaca, baik secara pragmatis dan atau ideologis. Semoga dengan tips di atas, Anda kini dapat gambaran yang lebih jelas bagaimana membuat tulisan yang enak dibaca dan menggugah dan semakin banyak pahala jariahnya dari semakin banyaknya pembaca yang tercerahkan dan mengamalkan pesan tulisan Anda. 

Aamiin.[] 

 

Sumber : 

 Newsletter BWA No. 126 | Tahun XIII | Januari - Februari 2023 

Posting Komentar

0 Komentar

Comments