Update Kesehatan - Merasa Jatuh Saat Tidur ??



~ Teman-teman pernah rasain jatuh tiba-tiba saat tidur gak sih ?

Sumber Foto : www.pikiran-rakyat.com

 

Kaya kaget dan badan otomatis geter gitu.

Ternyata ketika kamu mearasa jatuh saat tidur, itu karena otakmu membuat "kejutan". Mengapa ?




Hal itu karena darah dan nafasmu berenti, jadi kalau kamu terbangun dan berpikir kamu jatuh, berarti kamu hampir mati dan otakmu menyelamatkanmu.

Dikutip dari artikel yang diterbitkan oleh smansasingaraja.sch.id, kondisi yang terjadi ini biasa disebut dengan hypnic jerk atau myoclonus, yaitu suatu kondisi di mana tubuh kita mengalami kedutan atau kejang singkat secara tiba-tiba, saat sedang berada dalam fase awal tidur. 


Selain itu, penderita hypnic jerk juga dapat mengalami gejala seperti mendengar suara letusan kecil atau melihat kilatan cahaya. Sentakan atau kejang tersebut terjadi dengan cepat, tidak beraturan, dan meliputi seluruh atau bagian tubuh tertentu. Sementara itu, hypnic jerk yang cukup parah dapat menimbulkan gangguan berjalan, bicara, makan, bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. Kondisi ini umum dialami oleh banyak orang, lho. Sekitar 70 persen orang di dunia pernah mengalaminya.


** Menurut pakar tidur dan penulis buku The Power of When, Michael Breus, Ph.D, rasa seolah-olah terjatuh itu disebabkan oleh sistem saraf kita yang sedang berubah menjadi mode tidur. Pada saat itu, tubuh kita sudah mulai rileks, detak jantung melambat, dan suhu tubuh pun menurun. Akan tetapi, tekanan otot di dalam tubuh kita berubah, sehingga bagian otot dapat bergeser. Hal inilah yang dapat memicu perasaan seolah-olah terjatuh atau kejang secara singkat.

Teori lain menyebutkan bahwa otak kita seringkali lebih dulu tertidur sebelum tubuh kita. Hal ini menyebabkan otak salah mengartikan otot-otot yang rileks sebagai tanda kita sedang terjatuh.
 
_Semoga Bermanfaat_

 


Posting Komentar

0 Komentar

Comments