STARTUP, lakukan ini sebelum hire designer ya

~ Kebanyakan startup baru meng-hire designer baru, karena budget, padahal idealnya dari sisi perusahaan. startup sebaiknya hire yang lebih berpengalaman untuk lebih fleksibel dan luwes dalam menghadapi keterbatasan.

 

BACA JUGA :

Arti Startup -- selengkapnya--->

 

Di sisi lain, designer yang punya pangalaman kerja di startup baru atau kecil (sebelumnya), mereka lebih bisa mengasah mental. Jadi ngga manja dan ngga ketergantungan manager, ketergantungan proses, ketergantungan budget dll...

Yang harus jadi penengah di industri ini yaitu para design mentor (yang pernah kerja di startup baik baru/kecil) dan pihak leader di startup tersebut, jika yang dipekerjakan designer baru. 

Ibaratnya, Kita ngga bisa ngarepin bayi langsung lari di 'hutan rimba' kan?

OK, berikut adalah hal yang perlu diperhatikan sebelum perusahaan Hire Designer, 


1️⃣. Tentukan budger untuk hire designer

2️⃣. Gaji - Bisa gaji awal karir, bisa sedang / mahal

3️⃣. Cari tahu soal UI (User Interface) dan UX (User Experiance), Lalu cocokan dengan kesanggupan perusahaan.

4️⃣. Anda akan hire designer loh ya, bukan hire pesulapp....

Means, kerjaannya bukan sesuatu yang terhitung pasti, butuh yang namnya :

  • proses
  • strategi
  • pertimbangan,

Walaupun tidak mesti ideal.💃💃😊

5️⃣. UX Cost 

Jika ternyata setelah mempertimbangkan budget dan cari tahu soal UX, ternyata belum sanggup membayar "lumayan..." dan belum sanggup melakukan UX yang ideal maka.....(point 6)

6️⃣. Ada 2 opsi :

  • Kamu bisa cari yang career switch, minimal cara berfikir mereka lebih matang

FYI ~ career switch atau bisa juga disebut career shifting adalah perpindahan karir seseorang dari satu bidang keahlian ke bidang keahlian yang lain.

  • Kamu juga bisa cari yang 0 th pengalaman, tapi jelaskan juga seperti apa bekerja di startup. Coba bandingkan dengan UX (point 3) yang full budget. Sampaikan bedanya. Founder/CTO yang harus guide entry career designer.

FYI ~ CTO (chief technology officer) adalah eksekutif yang bertanggung jawab atas kebutuhan teknologi organisasi serta penelitian dan pengembangannya. CTO biasanya melapor langsung ke Chief Executive Officer (CEO) perusahaan.

Sumber : @tanyajawab_ux 

 

 BACA JUGA :

 

Posting Komentar

0 Komentar

Postingan Unggulan