10 Hal yang bikin "LAPER" terus

Ternyata ada 10 hal yang bikin kita "LAPAR TERUS" selain emang karena belum makan yah guys. Yuk intip apa aja yang menyebabkan kita "LAPAR TERUS" diluar orang lapar normal ya, yuk kepoin lebih jauh biar #LebihPaham


1. Diabetes


Diabetes bisa menyebabkan sering lapar karena tidak tersedia cukup hormon insulin yang bertanggung jawab menarik glukosa atau gula ke dalam sel untuk digunakan sebagai energi. Dilansir dari Health Line, saat Anda makan, tubuh Anda akan mengubah makanan menjadi gula atau glukosa.

FYI : Hormon Insulin adalah hormon yang berfungsi membantu penyerapan glukosa ke dalam sel-sel tubuh untuk mengendalikan gula darah. Glukosa sendiri biasanya berasal dari makanan yang mengandung karbohidrat, dan diubah tubuh menjadi sumber energi utama. 

 

2. Darah Rendah


Tekanan darah rendah ortostatik ini dapat disebabkan oleh banyak hal, termasuk 

  • dehidrasi, 
  • terlalu lama dalam posisi tidur, 
  • kehamilan, 
  • diabetes, 
  • penyakit jantung, 
  • luka bakar, 
  • udara yang terlalu panas, dan 
  • beberapa masalah saraf.
 

FYI SEMENTARA Kondisi gula darah rendah atau hipoglikemia juga membuat tubuh merasa lapar terus menerus. Kondisi ini bisa disebabkan oleh sejumlah penyakit diantaranya diabetes, hepatitis, dan gangguan ginjal


3. Stress


Stres yang tinggi membuat tubuh cemas dan tegang sehingga melepaskan hormon kortisol. Hormon ini dapat meningkatkan rasa lapar. Orang yang stres juga cenderung memilih makanan yang tinggi gula dan lemak 

FYI. Hormon Kortisol adalah jenis hormon yang diproduksi oleh kelenjar adrenal untuk meningkatkan fungsi respon tubuh terhadap suatu situasi tertentu. Hormon kortisol akan cenderung tinggi ketika kita dilanda stres, yang biasanya tidandai dengan perasaan cemas dan gelisah.

 

4. Kurang Tidur


Tidur yang tidak cukup berdampak pada ketidakstabilan hormon, termasuk hormon yang mengontrol rasa lapar. Orang yang kurang tidur dapat memiliki nafsu makan yang lebih tinggi dan juga lebih sulit merasa kenyang.

Seseorang yang kurang tidur juga cenderung menginginkan makanan yang tinggi lemak dan kalori. 


5. Dehidrasi


Sering kali rasa haus disalahartikan menjadi rasa lapar. Sehingga bukannya mencari air, Anda malah mencari makanan. 


6. Hamil


Kehamilan juga menjadi alasan mengapa tubuh selalu lapar. Saat mengandung, tubuh harus memenuhi kebutuhan bayi di dalam kandungan, sehingga ibu akan merasa lebih lapar daripada biasanya. Ibaratnya ada dua orang yang harus makan hehe.


7. Diet


Kenapa saat diet mudah lapar?

Merasa lapar saat menjalani diet adalah hal wajar karena tubuh menerima asupan kalori yang lebih rendah dari kebutuhan normal. Namun tak jarang rasa lapar berlebih memicu kita untuk melakukan sabotase terhadap usaha membatasi pola asupan seperti mengonsumsi makanan atau minuman dengan kalori yang lebih tinggi. 


8. Dalam Pengobatan


Sejumlah obat-obatan dapat memberikan efek samping merasa lapar terus menerus dan makan lebih banyak. 

Misalnya, antihistamin untuk alergi atau antidepressan. 


9. Masalah Tiroid


Gangguan pada kelenjar tirioid yang berfungsi mengatur metabolisme dapat membuat tubuh merasa lebih lapar. Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher.

Jika Anda selalu merasa lapar segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan diagnosis yang tepat. 

FYI Kelenjar Tiroid adalah kelenjar hormon berbentuk kupu-kupu yang terletak di bagian depan bawah leher. Kelenjar tiroid mengendalikan metabolisme dan berperan penting dalam kesehata


10. Sering Olahraga


Selain intensitas olahraga yang terlalu ringan, durasi olahraga yang terlalu sebentar juga dapat menyebabkan seseorang mudah lapar. Sebab, semakin lama seseorang berolahraga, akan semakin lama pula kondisi tubuhnya kembali seperti semula dan membuatnya menjadi lapar.













 


Posting Komentar

0 Komentar